Data menjadi komponen utama tercapainnya tujuan dari setiap program yang disusun. Termasuk juga data PPKS yang saat ini menjadi prioritas dari Dinas Sosial Kabupaten Bantul dalam memperkuat keakuratan. Untuk itu disiapkan alat bantu untuk penyusunan data PPKS yaitu melalui aplikasi Sistem Data Informasi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan (SIDAPELUKAN) hasil pengembangan dari sistem informasi penanggulangan kemiskinan yang dibangun oleh Integra Indonesia dan telah berjalan bertahun – tahun di Kabupaten Bantul.

Hal ini disampaikan oleh Plt Sekretaris Dinas Sosial, Tatik Windari saat menyampaikan laporannya dalam acara launching aplikasi Sistem Data Informasi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan (SIDAPELUKAN) yang digelar pada Kamis (4/7) bertempat di Ros In Hotel Yogyakarta.

Dengan diluncurkan aplikasi ini, diharapkan proses verifikasi dan update data PPKS akan semakin baik sehingga setiap program yang dirancang oleh Pemkab Bantul bisa tepat sasaran karena data yang diproses akurat.

Acara seremonial peluncurkan aplikasi sidapelukan dilakukan oleh Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo. Disampaikan Wakil Bupati, dengan adanya aplikasi sidapelukan ini pendataan PPKS dapat tersaji dan terpilah dengan baik sehingga pemerintah daerah akan dengan mudah menentukan sasaran program kesejahteraan secara tepat, akurat, praktis, dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Perkuat Data PPKS, Pemerintah Kabupaten Bantul Luncurkan Aplikasi SIDAPELUKAN